Rabu, 03 Oktober 2012

Pengertian Puisi


Belum ada definisi yang baku untuk memaparkan pengertian
puisi. Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang berbeda dari
bentuk sastra lain seperti prosa dan drama. Puisi terikat oleh (1) baris
dalam tiap bait, (2), banyak kata atau suku kata dalam setiap baris,
(3) rima, dan (4) Irama. Bahkan pada jenis puisi tertentu ada keterikatan
pada persajakan seperti, a,a,a,a atau a,b,a,b, misalnya pantun dan syair.
Puisi dengan persyaratan seperti di atas merupakan bentuk puisi lama.
Puisi yang berkembang saat ini tidaklah lagi mematuhi persyaratan
atau keterikatan pada hal-hal tersebut. Puisi lebih diartikan pada
wujud ekspresi pikiran dan batin seseorang melalui kata-kata yang
terpilih dan dapat mewakili berbagai ungkapan makna sehingga
menimbulkan tanggapan khusus, keindahan, dan penafsiran beragam.
Dalam pengertian bebas yang lain, puisi disebut juga ucapan atau
ekspresi tidak langsung atau ucapan ke inti pati masalah, peristiwa,
ataupun narasi (Pradopo, 2005: 314).
Pemilihan kata dan penataan kalimat yang terdapat dalam puisi
bertujuan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan atau pengalaman
bathin yang utuh. Hal itu menjadikan puisi mengandung unsur
kepadatan, keselarasan, dan keterpaduan. Puisi yang hanya terdiri atas
beberapa baris atau satu bait jika mengungkapkan makna yang utuh dan
selaras mungkin lebih bernilai daripada sajak yang panjang namun tak
utuh dan selaras. Perhatikan contoh puisi di bawah ini.
SENYUM DAN TAWAMU
Dalam senyummu yang khas
ternyata pikiranmu seperti benang kusut
Dalam tawamu yang riang
ternyata pikiranmu penuh berbagai urusan
Oh .....Papa, jangan bohongi aku.
(Anita, Jakarta Jakarta. Jakarta : Anita Marta, 1980)

Bandingkanlah dengan puisi berikut ini:
ANGIN
Ketika aku kecil
aku hanya tahu
angin yang suka menerbangkan kertas-kertasku
Mama bilang, itu angin nakal
Dan aku tidak boleh seperti angin itu
Lalu mama bercerita
tentang angin
yang meniup bunga-bunga mawar
di kebunku
Sekarang aku sudah tahu
angin dapat juga membuat
aku sakit
Kalau aku berangin-angin
dan badanku sedang berkeringat
Kemarin, papa bercerita
tentang angin yang sangat nakal
angin itu bernama angin topan
Papa bilang, angin itu dapat
merobohkan rumah-rumah
Oh .....
aku takut sekali
Papa membelaiku
kau tidak usah takut
jika kau rajin berdoa dan tidak nakal
Papa
aku berjanji tidak nakal
dan rajin berdoa
Agar Tuhan tidak meniup
angin yang sangat menakutkan itu
(Sumber Tugas Siswa Lucia Marian Djunjung, SMP Ricci kelas 2A Jakarta Barat)
Puisi modern tidak terlalu mementingkan bentuk fisik atau tipografi
tertentu. Sebuah uraian disebut puisi meskipun bentuknya mirip prosa
tidak berbentuk bait atau baris, tetapi mengandung pengertian yang
dalam dari sekadar ungkapan bahasanya, seperti contoh puisi atau
sajak Sapardi Djoko Damono di bawah ini.

AIR SELOKAN
“Air yang di selokan itu mengalir dari rumah sakit,” katamu pada
suatu hari Minggu pagi. Waktu itu kau berjalan-jalan bersama istrimu yang
sedang mengandung—ia hampir muntah karena bau sengit itu.
Dulu di selokan itu mengalir pula air yang digunakan untuk
memandikanmu waktu kau lahir: campur darah dan amis baunya.
Kabarnya tadi sore mereka sibuk memandikan mayat di kamar mati.
*
Senja ini ketika dua orang anak sedang berak di tepi selokan itu, salah
seorang tiba-tiba berdiri dan menuding sesuatu: “Hore, ada nyawa lagi
terapung-apung di air itu—alangkah indahnya!” Tetapi kau tak mungkin
lagi menyaksikan yang berkilau-kilauan hanyut di permukaan air yang
anyir baunya itu, sayang sekali,
2. Hakikat Puisi
Puisi bukan lagi sebuah bentuk karya sastra yang kaku dan
penuh persyaratan. Puisi dalam pengertian modern adalah puisi
yang bebas. Puisi merupakan aktualisasi ekspresi dan ungkapan jiwa
penulisnya. Oleh sebab itu, siapa saja dapat membuat puisi, meskipun
tentu tetap ada bentuk khas sebuah puisi sebagai ukuran standar
yang membedakannya dengan bentuk karya sastra yang lain. Artinya
setiap orang dapat menggunakan sarana-sarana kepuitisan seperti
rima, irama, diksi, dan lainnya untuk mengintensitaskan ekspresi dan
pengalaman jiwanya, bukan menjadikannya syarat pengikat.
Sebagai sebuah karya sastra, puisi tetap harus memiliki kemampuan
menampung segala unsur yang berkaitan dengan kesastraan.
Setidaknya ada tiga aspek yang perlu diperhatikan untuk memahami
hakikat puisi. Tiga aspek tersebut, yaitu: sifat seni, kepadatan, dan
ekspresi tidak langsung.
a. Sifat atau Fungsi Seni
Sebagai karya sastra, di dalam puisi harus terdapat unsur
estetika atau keindahan. Unsur ini dapat dibangun dengan
pemanfaatan gaya bahasa. Gaya bahasa meliputi semua
penggunaan bahasa secara khusus untuk mendapatkan efek
tertentu seperti, bunyi, kata, dan kalimat. Semua unsur bahasa di
dalam puisi dapat digunakan untuk menampilkan sisi keindahan
di dalam puisi. Perhatikan permainan kata menjadi nada atau tinggi
rendahnya bunyi serta menimbulkan keindahan di pendengaran
tanpa mengurangi kepaduan atau ke selarasan maknanya pada
puisi Hartojo Andangdjaja di bawah ini.
NYANYIAN KEMBANG LALANG
Putih di padang-padang
putih kembang-kembang lalang
putih rindu yang memanggil-manggil dalam dendang
orang di dangau orang di ladang
putih jalan yang panjang
kabut di puncak Singgalang
sepi yang menyanyup di ujung pandang
putih bermata sayang
wajah rawan tanah minang
b. Kepadatan
Di dalam puisi, ungkapan yang ingin disampaikan tidak
semuanya diuraikan. Puisi hanya mengungkapkan inti masalah,
peristiwa, atau cerita. Puisi hanya mengungkapkan esensi atau
sari pati sesuatu. Maka, untuk menulis puisi, penyair harus pandai
memilih kata yang akurat. Terkadang sebuah kata diambil bentuk
dasarnya saja dan hubungan antar-kalimat terjadi secara implisit,
bahkan kata-kata yang tak perlu dapat dihilangkan.
Yang terpenting adalah setiap unsur di dalam puisi memiliki
keterikatan dan keterpaduan makna. Maka, salah satu cara untuk
mengungkapkan kandungan isi dalam puisi ialah membuat
parafrasa puisi menjadi prosa dengan menyempurnakan kalimat
atau memberikan pengertian pada kata-katanya agar menjadi jelas
atau lugas. Perhatikanlah puisi Chairil Anwar berikut ini.

SELAMAT TINGGAL
Aku berkaca
Ini muka penuh luka
Siapa punya?
Kudengar seru menderu
– dalam hatiku? –
Apa hanya angin lalu?
Lagu lain pula
Menggelepar tengah malam buta
Ah .....!!
Segala menebal, segala mengental
Segala tak kukenal .....!!
Selamat tinggal .....!!
c. Ekspresi Tidak Langsung
Selain mengandung nilai estetika atau keindahan serta bentuk
pilhan kata dan tata kalimat yang mengandung pengertian yang padat,
puisi juga merupakan media pengungkapan ekspresi secara tidak
langsung. Pengungkapan ekspresi tidak langsung ini terbukti dengan
dominannya penggunaan kata yang bermakna konotasi atau kiasan.
Di dalam puisi, juga penyair dapat menggunakan idiom,
pepatah, majas, atau peribahasa dalam mengungkapkan sesuatu
secara implisit. Ini dilakukan agar puisi memiliki cita rasa tersendiri
dengan penggunaan kata berjiwa atau stilistika sehingga pembaca
atau pendengar memiliki rasa ingin tahu kandungan makna yang
tersembunyi dalam sebuah puisi atau hal yang sesungguhnya ingin
diungkapkan penyair lewat puisinya. Dalam pandangan awam
puisi memang harus mengandung daya tarik atau kemisterian.
Seorang kritikus sastra mengatakan puisi bukanlah susunan katakata
yang membentuk baris dan bait melainkan sesuatu yang
terkandung di dalam kata, baris, dan bait itu.

Contoh puisi yang menggunakan simbol atau ungkapan:
DI MEJA MAKAN
Ia makan nasi dan isi hati
Pada mulut terkunyah duka
Tatapan matanya pada lain isi meja
Lelaki muda yang dirasa
Tidak lagi dimilikinya.
Ruang diributi jerit dada
Sambal tomat pada mata
Meleleh air racun dosa.
............
(W.S. endra)R
3. Unsur-Unsur di dalam Puisi
Selain memiliki unsur-unsur yang tampak seperti diksi
(penggunaan ungkapan, majas, peribahasa), tipografi (pola susunan
puisi seperti larik, bait) dan rima/ritme (persamaan bunyi), puisi juga
memiliki unsur batin. Unsur batin di dalam puisi meliputi: tema, rasa
(feeling), nada ,dan amanat.
a. Tema
Tema adalah landasan atau dasar pijakan bagi penyair untuk
mengembangkan puisi. Tema juga merupakan gagasan pokok
yang diungkapkan dalam sebuah puisi. Jika tema mengenai
Tuhan, untaian kata-kata, majas, serta idiom yang digunakan
mengungkapkan hal-hal yang berhubungan dengan Tuhan. Begitu
pula bila temanya tentang cinta, pilihan kata (diksi) yang digunakan
oleh penyair berkaitan dengan permasalahan cinta.

Contoh:
PADAMU JUA
Habis kikis
Segala cintaku hilang terbang
Pulang kembali aku padamu
Seperti dahulu
Kaulah kandil kemerlap
Pelita jendela di malam gelap
Melambai pulang perlahan
Sabar, setia selalu
Satu kekasihku
Aku manusia
Rindu rasa
Rinda rupa
Di mana engkau
Rupa tiada
Suara sayup
Hanya kata merangkai hati
Engkau cemburu
Engkau ganas
Mangsa aku dalam cakarmu
Bertukar tangkap dengan lepas
Nanar aku gula sasar
Sayang berulang padamu jua
Engkau pelik menarik ingin
Serupa dara di balik tirai
Kasihmu sunyi
Menunggu seorang diri
Lalu waktu-bukan giliranku
Mati hari-bukan kawanku....
Karya: Amir Hamzah

b. Perasaan /Rasa
Rasa adalah ungkapan atau ekspresi penyair kepada sesuatu
yang dituangkan ke dalam puisinya. Rasa juga merupakan cara
bagaimana penyair mengejawantahkan bentuk perasaan dan
pengalaman batinnya kepada keahlian untuk memilih kata-kata
figuratif yang dianggap dapat mewakili perasan atau ekspresinya
terhadap sesuatu.
Keahlian menuangkan gejolak batin, gairah, kerinduan, atau
bentuk ungkapan lain berupa pilihan kata dan simbol-simbol
gaya bahasa menjadikan puisi makin terasa indah dan punya
kedalaman makna. Hal tersebut dapat dilihat pada contoh lariklarik
penggalan puisi Tuhan karya Bahrun Rangkuti di bawah ini.
Hanyut aku Tuhanku
Dalam lautan kasih-Mu
Tuhan bawalah aku
Meninggi ke langit ruhani
c. Nada dan Suasana
Nada adalah bentuk sikap atau keinginan penyair terhadap
pembaca. Apakah penyair lewat puisinya ingin memberikan
nasihat, menyindir, mengkritik, atau mengejek pembaca. Suasana
adalah akibat yang ditimbulkan puisi terhadap jiwa pembaca.
Nada dan suasana memiliki kaitan yang erat. Nada puisi yang
bersifat kesedihan dapat membuat perasaan pembaca merasa iba.
Nada yang mengandung kritikan membuat suasana hati pembaca
merasa ingin memberontak dan sebagainya.
d. Pesan atau Amanat
Pesan atau amanat adalah hal yang ingin disampaikan oleh
penyair kepada pembaca lewat kata-kata dalam puisinya. Makna
dapat ditelaah setelah pembaca memahami tema, nada, dan
suasana puisi tersebut. Amanat juga dapat tersirat dari susunan
kata-kata yang dibuat oleh penyair. Perhatikan puisi Chairil Anwar
yang berjudul Diponegoro, di bawah ini.

DIPONEGORO
Di masa pembangunan ini
Tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi rapi
Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselimpang semangat yang tak bisa mati
Maju
Ini barisan tak bergenderang bertalu
Kepercayaan tanda menyerbu
Sekali berarti
Sudah itu mati
Maju
Bagimu negeri
Menyediakan api
Punah di atas menghamba
Binasa di atas di tinda
Sungguhpun dalam ajal baru tercapai
Jika hidup harus merasai
Maju
Serbu
Serang
Terjang

Amanat atau pesan yang tersirat dari puisi ini ialah bagaimana
semangat Pangeran Diponegoro dapat hadir pada jiwa-jiwa
manusia modern yang hidup di zaman sekarang. Meskipun yang
dihadapi bukan lagi penjajah melainkan berbagai masalah yang
terjadi pada bangsa yang sedang berkembang seperti masalah
pengangguran, pemerataan, dan keadilan, namun tetap semangat
membela kebenaran khususnya bagi para kaum yang tertindas
jangan pernah punah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar